Senin, 29 Agustus 2016

Jenis-jenis Dribble dalam Basket

Assalamu 'Alaikum Wr. Wb

Selamat datang kembali di blog saya.

     Pada kesempatan kali ini, saya akan share beberapa teknik bermain basket. Salah satunya yaitu dribble.

1. Dribble
    Dribble merupakan teknik dasar dalam bermain basket. Dribble dilakukan dengan cara memantulkan bola di tanah. Dari permainan bola basket, kita dapat melatih kelincahan tubuh untuk membawa bola. Umumnya, dalam suatu tim, Point Guardlah yang memiliki kemampuan dribble yang sangat baik. Jadi wajar saja bila point guard merupakan dalang dari alur permainan.
Cara memantulkannya terdapat pada gambar di bawah

Jika sudah lancar, usahakan dan latihlah agar mendribble dengan tidak melihat bola.

Adapun trik dalam dribble, yaitu:
1. Crossover move
    Crossover move merupakan dribble dengan cara menyilang atau memantulkan bola dengan berganti tangan dari kanan ke kiri maupun sebaliknya. Seperti pada gambar di bawah

Crossover move juga sangat inisiatif jika kita dalam keadaan offense (menyerang) karena dapat menipu lawan jika kita telah menguasai Crossover ini secara utuh. Adapun efek yang berdampak pada lawan jika kita berhasil mengelabuinya dengan crossover, yaitu Ankle Break. Ankle Break merupakan dampak yang dihasilkan dari crossover lawan jika berhasil mengelabui lawan. Seperti pada gambar


Pemain yang terjatuh itulah terkena efek dari crossover. Kadang kita harus menanggung malu dan sakit jika terkena efek dari crossover tersebut.

2. Behind The Back Dribble
    Trik ini termasuk dalam kategori Crossover tapi dengan gaya yang berbeda. cara melakukan teknik ini tidaklah mudah. Anda harus mengenal irama dari setiap pantulan saat dribble. Jika tidak, bola akan lepas dari irama dribble anda. Perhatikan gambar di bawah ini
Jika anda sudah mendapatkan irama dribble anda, maka cobalah melakukan behind the back dribble tanpa melihat bola. Seringlah berlatih bersama teman anda dan cobalah sekali-kali untuk melakukan one-on-one.

3. Between The Legs Dribble
   Trik dribble yang satu ini dilakukan dengan cara melakukan crossover di sela kaki dari tangan yang satu ke tangan yang lain. Seperti pada gambar di bawah ini.
Semakin anda sering berlatih, maka kemampuan merasakan irama dribble ini pun semakin baik.
4. High or Speed Dribble
    Dribble ini biasa digunakan dalam keadaan fastbreak atau serangan balik cepat. Bisa dilihat pada gambar di bawah

pemain tersebut berusaha untuk melewati lawan dengan menggunakan High or speed dribble. Pemain harus berusaha untuk berlari secepat mungkin tapi tidak terlepas dari bola. Menurut saya, untuk latihan pada dribble ini cukup sulit karena membutuhkan stamina yang cukup banyak, apa lagi jika anda di dalam pertandingan.

5. Reverse Dribble
    Dribble yang satu ini merupakan salah satu dribble yang cukup sulit untuk dikendalikan. Karena harus membutuhkan keseimbangan tangan agar tidak terlepas dari bola. Dribble ini menggunakan bola untuk memutari tubuh. 
Menurut saya, latihan untuk dribble ini harus penuh konsentrasi agar dapat menguasai program ini sepenuhnya.

Mungkin pembahasan kali ini cukup menarik bagi anda. Jika ada saran dan kritik silahkan corat-coret di kolom komentar. 

Kita lanjut pembahasan mengenai umpan dalam basket di postingan berikutnya. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb

3 komentar: